Pages

Sunday, December 6, 2009

Dark Spring Fairy : Beautiful


I don't usually like this kind of thing, kinda "dark" for my own taste, even though it's colourful but it's still "dark" enough for me :p

But this one.. just captured my heart since the first time I found this pic..

Maybe it's her eyes, her big gleamy eyes that are staring at me as if she wants to say this to me, "I am something beautiful even though I might not look like the one you usually see.."

Oohh geez.. I'm imagining things again, ahahaha :p

~.*.~


Sekarang masuk ke subtopik dari judul ini yaitu mengenai kecantikan itu sendiri.

Disadari atau ngga, image cantik yang udah terekam di otak (kebanyakan dari) kita itu sedikit banyak udah dipengaruhi oleh pesan sponsor yang kita dapatkan dari bombardir iklan produk2 kecantikan baik di televisi, radio ataupun majalah2 kecantikan.

Yang masuk dalam kategori "cantik" adalah mereka yang bertubuh langsing, berkulit putih and tinggii semampai.

Yang ngga masuk kriteria di atas, maap yaa.. kalian ngga masuk kategori "cantik", huahahaha.. *tawa_ironis.com*

Tapii.. benarkah demikian?

Masa sih "cantik" itu hanya sedemikian "dangkal"-nya definisinya?

Apa kabar dengan inner beauty yaa?

Cause beauty ain't always just about what our eyes see.

There is something more.. within..

Sesuatu yang mungkin ngga bisa langsung dilihat oleh mata jasmani kita karena diperlukan mata lainnya untuk bisa mengenali "kecantikan" itu sendiri, yaitu.. mata hati..

I always believe bahwa setiap makhluk ciptaan Tuhan itu pasti beautiful, tinggal mau atau ngga kita menggalinya karena ngga setiap makhluk itu punya "kemasan" luar yang eye-catching, yang menarik secara visual dan sometimes kita harus menggali (lebih dalam) lapisan demi lapisan untuk menemukan the "beauty" of that person.

Sebenernya dengan melatih diri untuk menemukan kebaikan dalam diri orang lain itu adalah latihan yang bagus untuk diri kita juga karena kita jadi belajar untuk menghargai kebaikan dalam diri seseorang and ngga melulu hanya fokus pada sisi buruknya aja.

And makin lama gua juga belajar kalo gua perlu membuat definisi sendiri akan berbagai macam hal yang penting dalam hidup gua, karena disadari apa ngga, yang terpatri di otak gua selama ini adalah hasil penyerapan secara ngga sadar akan apa yang selama ini gua liat, gua baca and gua denger dari orang2 di sekitar gua.

Belakangan gua makin menyadari.. gua perlu untuk menanyakan ke diri gua sendiri.. apa gua setuju akan pendapat yang umum berlaku itu? Bagian mananya yang gua setuju? And kenapa gua setuju ama pendapat ituu?

Terutama untuk hal2 yang penting macam "kebahagiaan", ermm.. apalagi yaa? Ahahaha.. kayanya untuk sementara itu yang paling penting dhe :p

Soalnya kebahagiaan itu relatif sifatnya boo..

Kalo gua hanya ngikutin definisi orang lain, lhaa? Kita khan beda prioritas.. apa yang penting buat mereka, mungkin bukan merupakan hal yang penting buat gua.. so itu hanya akan menjadi perburuan yang sia2 aja karena gua sibuk "mengejar" sesuatu yang sebenernya yaa ngga penting buat gua..

Makanyaa.. penting untuk mulai mendefinisikan apa sih arti "kebahagiaan" buat gua.

Balik ke soal kecantikan.

Hearing people say that you're beautiful itu pastilah sesuatu yang menyenangkan yaa, ngga muna aahh.. siapa seeh yang ngga senang dibilang cantik, ahahaha :p

Tapii..

I don't know..

Menurut gua penting untuk merasakan itu dari dalam hati kita sendiri and ngga mendasarkan "image" kita akan diri kita itu akan pandangan orang lain ke kita.

No matter what they sayy.. we need to be able to say to ourselves that we are beautiful.

We need to believe that by ourselves in our hearts, kalo ngga kata2 pujian dari orang lain itu hanya akan menjadi kata2 yang ngga mempunyai makna untuk kitaa..

Atau parahnya lagee.. kita akan "ketagihan" untuk terus mendengar kata2 itu dari orang lain untuk menyuntikkan rasa self-worth dalam diri kita, uhmm.. ini bukan sesuatu yang bagus sih kalo menurut gua :)

Berita baiknya adalaaahh..

Setiap orang bisa memiliki inner beauty.

Ketika kecantikan fisik, like it or not, akan memudar seiring dengan berlalunya waktuu.. your inner beauty justru akan semakin mekar dari waktu ke waktu, asaaaall.. jangan lupa untuk selalu memupuknya dengan kebaikan dan cinta.

It might take more time to grow but in time.. it will glow and the shines will be even more brighter than your outer beauty ;)

Jadi mari kita tutup postingan kali ini dengan sepenggal lirik lagu dari Christina Aguilera dari lagunya yang berjudul "Beautiful"..

I am beautiful no matter what they sayy.. Words can't bring me doooowwwnnn.. We are beautiful in every single wayy.. words can't bring us doooowwnn..

Eehh.. kalo ngga salah sih kurang lebih githu dhe liriknya, ahahaha :p

Well.. isn't it true?

Words can't and shouldn't bring us down and the only way to do so adalah dengan mempunyai landasan yang "benar" dalam memandang diri sendiri, bukan begitu? ;)

And seperti kata fairy di atas, "I am someone beautiful even though I might not look like the one you usually see!"

*dear my dark spring fairyy.. I'm on my way there, just keep saying those words in my head until I've finally arrived "there" with you, okay?*

Have a lovely day everyone and keep your inner shine glow even in the darkest time of your life ^o^

(eehh.. bukannya justru di tengah kegelapan even the smallest light itu lebih "bermakna" and terasa terangnya khan dibanding harus bersaing dengan mataharii? Ahahahaha :p)

-Indah-
December 4, 2009 (12:05 pm)
December 5, 2009 (12:02 pm)

9 comments:

Dinoe said...

nice post ....kecantikan wanita adalah mahkota yang perlu di jaga dan dirawat....

G said...

Kecantikan itu soal selera, dan ada pepatah yang mengatakan bahwa Beauty is in the eye of the beholder, yaitu kecantikan bersifat relatif, tergantung kepada selera masing-masing orang. Kecantikan seperti hal-nya kesenian tidak dapat ditetapkan secara baku, sebab ada org yg suka melihat kecantikan yang lembut, ada yang suka melihat kecantikan yang lugas, ada yang menganggap mata sipit itu menarik, ada yang menyukai mata yang lebar dan besar, ada yang menyukai kecantikan oriental, dan ada yang menyukai kecantikan kebarat-baratan.

Kalau di dalam iklan2 TV memang penonton dan konsumer digiring untuk mempercayai citra yang mereka jual, yaitu kulit putih, rambut lurus melayang-layang dan wajah keindo-indoan, walaupun dalam kenyataannya, banyak juga artis terkenal yg tidak memenuhi kriteria tsb 100% namun kemudian justru mengikuti kriteria tsb sehingga kayaknya kembar semua gitu pas tampil di layar kaca, hahahahaaa....

Tapi tetap saja, kecantikan fisik memang ada levelnya, ada yang memang sangat cantik dan tidak bisa dipungkiri karena semua org yg melihatnya akan sepakat bahwa dia cantik, apakah mereka kemudian menyukainya atau tidak, itu adalah hal yang lain lagi.

Kalau menurut saya secara pribadi sih... cantik itu tergantung juga sama keadaan, huehueheuee... ada org yg kalau dandan jadinya cantik banget, tp begitu lepas dandanannya trus jadi biasa-biasa aja, ada juga yg klo dandan malahan jadi kayak bencong, tp klo natural malah lebih cantik.

Saya sendiri ga terlalu mempersoalkan kecantikan, karena setelah umur semakin menanjak sekarang ini, saya menyadari bahwa kecantikan itu bisa diciptkan, dengan perawatan, dengan baju yang sesuai, dengan pembawaan yang tepat setiap orang bisa terlihat lebih baik dan lebih cantik.

ami said...

betul banget indah, fisik orang belum tentu eye catching. tapi kalau keindahan *hlaaah bukannya itu namamu?? wahaha* atau kecantikan sudah pasti semua orang memilikinya. kecantikan tidak bisa diartikan dengan sempit, hanya cantik dilihat yaa. cantik juga bisa dengan didengar, dirasakan, diraba, nahhh looo

Irene said...

bener banget,Ndah...ada contoh nyata,temnku sendiri..yg memenuhi kriteria cantik ala iklan itu... Phisycally,she's so perfect..tapi kelakuannya tuh bener2 nyebelinnya setengah mati...membuat kita berasa gak nyaman..kerjaanya nyela semua orang,ga pernah kerja dengan benar,sehingga ngerugiin temen2nya.. nggak banget deh...

-Indah- said...

Dinoe.. makasih, iya kecantikan perlu dijaga and seperti kata G, bisa diciptakan, hihihi :D

~.*.~

G.. wah, kurang lebih sama dengan post di :

http://special4fbnotes.wordpress.com/2009/11/04/the-beauty-of-arts/

Lagi bahas tentang quote yang sama and nyangkut ke masalah kesenian juga, ahahaha :D

Btw, khan suka ada yang bilang kalo "cantik itu relatif, jelek itu absolut", itu maksudnya becanda or serius sih?

Abis kok bertentangan githuu.. kalo emang cantik itu relatif.. gimana bisa jelek itu absolut? *bingung*

Sebenernya lagi mikir2.. kayanya dari kebanyakan produk2 yang beredar itu yang jadi "sasaran" khan kaum wanita yaa.. Kenapa yaa?

Apa karena kaum wanita lebih gampang diserang rasa percaya dirinya? *hmm*

Kalo di sini khan dibombardir ama iklan pemutih, kalo buat para bule2 itu mungkin model2 yang paling sering ditampilkan untuk iklan2 justru yang berkulit kecoklat2an supaya terlihat lebih eksotis kali ya?

~.*.~

Amii.. ahahaha.. iya yaa, setidaknya gua udah punya satu "keindahan" dhe di nama, hihihi, and ngga akan hilang kecuali tumpengan buat ganti nama, ahahaha :D

*lagi mikir2, kecantikan apa yang diraba yaa? Ahahahahaha..*

-Indah- said...

Irenee.. hmm.. emang bagusnya sih balance ya antara kemasan luar and isi dalamnya :D Karena biar gimana khan kita tinggal di dunia yang visual, hihihi..

Kalo kemasan luar bagus tapi kelakuannya nyebelin githu khan cape juga ngeladeninnya yaa :)

G said...

Hahaha..... Cantik itu relatif, jelek itu absolut. Hmm... mungkin karena keindahan itu menimbulkan selera, tapi sesuatu yang jelek itu pasti tidak menimbulkan selera tetapi penolakan, sehingga itu yg terjadi, jelek itu absolut, sama seperti makanan enak belum tentu yang kita sukai atau sesuai dengan selera kita, tapi kita semua pasti ga akan suka sama makanan yang tidak enak.

Klo saya liat sih jaman sekarang soal bersolek itu bukan cuma buat perempuan aja loh, liat aja sekarang kan banyak juga iklan2 "kecantikan" buat cowok, kayak shampoo, sabun wajah dst-nya, itu kan mirip2 sama yg ditawarkan buat perempuan :) Dan kalau produk2 kecantikan mmg ditujukan kepada wanita ya karena dari dulu memang perempuan dituntut untuk menjaga penampilan kan? Coba aja ke kantor tanpa lipstick atau benar2 polos tanpa dandanan, perhatikan apa yg akan tejadi, hehe, sementara setiap hari laki2 tidak harus dandan untuk ke kantor atau keluar rumah kan? Jadi mmg agak lucu, sebab perempuan mmg sudah dikondisikan untuk tidak memperlihatkan wajah aslinya... kenapa ya? Hehe.. itu pernah saya pertanyakan loh.. wkwkwkwkwk...

Tapi, dari segi yang lain hal itu kan sebetulnya juga menyenangkan, sebab kita bebas mendandani wajah kita, sedangkan kalo laki2 coba2 berdandan pasti dia dianggap aneh, hehe.. Jadi.. kondisi2 ini, kalau mau dianggap sebagai "masalah" memang akan jadi "masalah", tapi kalau mau dianggap sebagai sesuatu yg menyenangkan, ya bisa dinikmati ;)

Skunyos said...

Ah itu joke kalo ndah soal absolut hahaha... Anw... pencitraan diri cantik memang buatan pabrik menurut gue. Sengaja pabrik membuat yang tidak lazim itu seolah-olah diatas kita. Contoh aja, di Indonesia (kalo gak mau dibilang di Asia) yang putih2, yg lurus2 rambutnya... itu yang cantik. Kenapa? Soalnya yang punya kriteria itu dikit. Jadi ada pangsa yg besar untuk digarap, untuk digiring alias untuk dibujuk beli produknya!

Kebalikannya, tuh di negara londo dana... ya ampun Ndaaah model kita2 begini, yg sawo mateng (bukan sawo busuk ya:p), yg ikal mayang rambutnya yang dibilang eksotis. Diburu kayak sesuatu yg langka. Dan disana itu... krim tanning, spray tan dsb laku banget. Kebalikan ma kita disini :)) hahhaha

Dulu ada temen bule gue, tiap kali liat iklan pemutih kulit ngomel2.. "what's wrog with ur tV? all of the commercials are suggesting that white is beautiful. Crazy! It's a brainwash. U look good with ur natural skin!" :D

hahhahaha.. kalo gue baca lagi contoh diatas.. definisi cantik itu... heemmm sepertinya koq kita ini jd korban produk kapitalisme ya :P

eka wijayanti said...

Iya, pencitraan cantik yang di tipi-tipi itu jelas tidak berlaku di Papua dan Afrika.