Pages

Friday, December 4, 2009

kebosanan

3 desember 2009
6.29pm

Aku mengenal G melalui blog dan komen2nya dengan menggunakan inisial G itu sebagai identitasnya, tetapi belum pernah berinteraksi secara langsung dengannya. Aku kecemplung di permainan pet society atas ajakan mbak Judith. Dan sekarang ini aku berteman dengan G karena sesama pemilik pet J di game tersebut. Sebagai teman di fb sudah tentu status yang dibuat oleh G masuk juga ke wall ku. Disitulah G memperkenalkan blog terbarunya yang dibuat untuk menampung tulisan2 perempuan2 cantik J J. Sebagai perempuan yang merasa dirinya cantik *hoekssss* aku mengajukan diri untuk ikut memeriahkan blog itu. Ternyata diperbolehkan !! yuhuiiii

Jadilah ini postinganku pertama. Okeee karena tidak ada tema khusus yang ditetapkan, aku akan mencoba menetapkan tema dari tulisan2ku disini, yaitu aku akan menuliskan komentarku terhadap postingan milik siapapun yang menarik perhatianku dannnn iya itu tadiii aku ingin mengomeni dengan agak panjang.

Korban pertamaku adalah postingan G J. Iyaaa lah seputar pet society. Eitts buat sahabat2 yang ngga ngerti dengan permainan ini, jangan patah membaca duluuu, aku ingin mengomentari postingan G yang menceritakan bahwa dirinya sedang dilanda kebosanan bermain game ini, bukan membahas mengenai gamenya. Sedikit latar belakang game ini : pet society adalah game yang terdapat di fb, disitu kami memiliki seekor pet, dan pet kami ini memiliki rumah yang bisa kami tata, bisa saling berkunjung, dan harus kami pelihara dengan memberinya makan dll. Ada yang inget ngga yaaaa, beberapa belas tahun yang lalu ada permainan dengan nama Tamagochi ?? hnaaaa ini perkembangan kemajuan dari si Tamagochi.

Pada awalnya, aku tidak mengerti dimana menariknya permainan ini, karena untuk memberi makan atau mengisi rumah, kami harus mengumpulkan coin *dengan susah payah euyyy* kemudian barulah bisa membeli keperluan pet kami itu. Tapi yang terlihat dari permainan ini, sebetulnya mirip sekali dengan kehidupan keseharian kita loooh. Iya enggak sih, untuk bisa makan dan bela beli, kita mesti dapetin duit dulu kannnn?

Naah kebosanan G terjadi sesudah petnya memiliki coin banyuaaak sehingga apapun terbeli. Gileee ngga sih. Sekarang ini petku pun juga sudah mulai cukup kaya *wikiki* dan apapun bisa dibelinya. Akupun sempat terpikir, naah kalau sudah di taraf ini terus mau ngapain? Apa iya hanya berkunjang berkunjung sambil menanti hari senin yaitu hari dimana terdapat barang baru.

Menurutku taraf excitement dari bermain pet ini memang mulai menurun, apalagi sesudah mengenal trik2 untuk mendapatkan coin dengan lebih cepat dalam jumlah banyak, tetapi bukankah hidup juga begitu ?? apa iya sih sesudah kita menikah dengan suami, yang sudah pasti excitement pada waktu masa pacaran berbeda dengan sesudah menikah, kemudian kita menyatakan bosan dan monoton dan patah semangat. Sudah pasti dikehidupan nyatapun memang ada waktu2 monoton itu :(.

Yang menjadi tantangan sekarang ini sampai dimana kita mau dan tetap mencintai pet kita sehingga bersedia terus memeliharanya sembari mengikuti update dari si major. Karena sifat memelihara adalah satu sifat khas perempuan kan, dibutuhkan ketelatenan dan ketelitian, begitu juga tata menata rumah, juga adalah urusan domestic perempuan. Jadi tidak jauh dari kehidupan kita sebagai perempuan yang yaaa memang sudah kodrat kitalah tugas2 yang aku sebutkan tadi itu.

Soooo, mungkin salah satu komitmen dari mengikuti game ini, ya itu tadi tidak putus hanya karena dilanda kebosanan. Bagaimana G? pelihara terus yah si Bla yang lucu dan imut itu J

15 comments:

G said...

Hmm... pembahasan yg menarik nih, hihi, sebab yang dibahas adalah dirikyuu... wkwkwkwkwk...

Memang benar, perlu komitmen dalam segala hal. Masalahnya adalah, it is a game. Disadari atau tidak, game ini menyita waktu lebih banyak daripada yang seharusnya. Disadari atau tidak game ini merampas begitu banyak enerji yang seharusnya bisa kita pergunakan untuk hal-hal yang lain.

Kebosanan yang saya rasakan untuk game ini sebenarnya sudah agak lama, dan bukan baru-baru ini saja, sudah sejak beberapa waktu, ditambah dengan begitu jelasnya PF membawa permainan ini semakin komersial dari hari ke hari, yang tadinya mempergunakan uang beneran bukan kebutuhan, sekarang ini dan sebentar lagi, akan menjadi sebuah kebutuhan, sebab sifat dari permainan ini, walaupun kelihatannya dipermukaan sebagai sesuatu yang lucu dan imut, tapi sebenarnya adalah sebuah "pameran" kekayaan si pet, disadari atau tidak oleh pemiliknya.

Bagi saya pribadi, ada sesuatu yang tidak sehat di sini. Segala sesuatu yang menyebabkan kecanduan itu sebenarnya sangat tidak sehat, dan pet society, seperti halnya game online yg lain, adalah jenis "candu" baru yg diciptkan oleh dunia maya :)

Bagi saya, kebosanan terhadap pet society adalah blessing in disguise yang akan saya pelihara, sebab saya terbebaskan dari sebuah ketergantungan terhadap hal yang bahkan tidak nyata dan sesungguhnya tidak punya harga, plus, saya juga dibebaskan dari sebuah "kendali" yang dipegang dan diarahkan oleh produser game ini agar para pemainnya mati2an main game-nya setiap hari supaya bisa membeli barang baru setiap hari Senin :p

Saya cukup lama mengamati dan mencerna apa yang saya pikirkan dan rasakan. Dan saya menyadari bahwa, ada sebagian org yg tidak mudah terjerat dalam kecanduan dan ada sebagian org yg mudah terjerat dalam kecanduan akut, saya termasuk golongan yg kedua. Dengan kesadaran ini, maka, saya harus memilih untuk mencandui apa yg berguna, dan ngeblog adalah salah satu aktifitas yg jauh lebih berguna daripada nge-pet ;)

G said...

Btw... nyambung, krn baru ngamatin gambarnya, hahaha, ternyata ada si Bla yang sedang dibungkus perban mumi ^^

ami said...

hai G. betul sekali ini hanyalah sebuah game dan betul banget segala sesuatu yang menjadi candu adalah tidak baik. akupun begitu, mengontrol diriku untuk tidak menjadi fanatik, sekedar main kalau ada waktu kosong disela kesibukan lain yang lebih berguna. akupun tidak ingin sampai mengeluarkan uang betulan demi 'gengsi' punya semua barang keluaran si major. dan sekali lagi betul banget pendapat di salah satu komen blognya G, bahwa kita bisa melihat karakter pemilik pet dari bagaimana dia memperlakukan petnya looooh. sebetulnya sih yang ingin aku katakan, permainan ini dimainkan dengan santai aja lageee, tanpa terbebani hingga merasakan kefanatikan maupun kebosanan yang sampai mengendalikan pikiran. begituuu G. bagaimana?

G said...

Setuju :) Itu yg sedang saya lakukan saat ini, dan entry point-nya adalah dari kebosanan tersebut.

Karena itu saya cukup, hmm malah sangat bersyukur dengan adanya rasa bosan, karena dia menjadi senjata saya untuk introspeksi diri, dan menyadari bahwa saya tidak lagi bermain game ini dengan santai, and believe me, mereka yg super kaya in this game tidak ada yg bermain game ini dengan santai, karena diperlukan "terobosan2" dan "kelicikan2" yang makan waktu di depan komputer untuk dapat koin banyak tanpa membelinya dengan uang beneran. Juga diperlukan banyak waktu untuk trading di forum demi mendapatkan barang2 rare.

Jadi, kalau saya sudah sampai pada batas maksimum saya terhadap game ini, itu karena saya sudah melakukan segala sesuatu yg dapat dilakukan dalam game ini, dan game ini memang hanya begitu dan begitu saja, mereka perlu melakukan terobosan2 baru untuk membuat pemainnya tetap merasa tertarik untuk bermain game ini, sebab yg merasa bosan dengan game ini, bukan hanya saya, tapi sudah cukup banyak yg merasa hal yg sama, bahkan di forum PF sendiri, sudah beberapa kali ada pembahasan semacam ini.

Perlu juga disadari bahwa, umumnya sebuah game memang akan ditinggalkan oleh pemainnya ketika sudah mencapai batas maksimum.

Jadi, rasa bosan terhadap sebuah produk, apalagi produk ini bukan sesuatu yg merupakan kebutuhan utama, melainkan kebutuhan tersier, untuk hiburan, adalah sebuah hal yg wajar.

eka wijayanti said...

Iya... Mbak Ami. Barangkali terlalu sering juga Mbak G main sama Bla (saking cintanya). Yang sering-sering itu, kadang bisa membosankan.

Skunyos said...

Kuncinya pengendalian diri :)
(*sok tau mulai hahaha)

G said...

Eka, haha, bukan sering main sama Bla. Bla tidak berinteraksi dengan pemiliknya, ia hanya ada di sana, begitu saja, untuk di dandani, diberi makan, tapi selain itu tidak ada hal lainnya. Sebenarnya memang tidak ada yang bisa dilakukan di dalam game itu sendiri.

Trust me, kalau cuma main sama Bla aja, sejak dari seminggu main Pet Society pasti sudah saya tinggalkan game ini.

Justru yg membuat game ini menarik, mau diakui atau tidak oleh pemain2nya, adalah karena adanya barang2 baru setiap hari Senin itu tadi.

Selain itu? There's no point playing this game, dan pasti tidak akan ada ibu2 yg fanatik main game ini kalau barang2nya hanya yg itu2 saja di toko2.

Satu2nya yg membuat saya menikmatinya justru karena ketemu dengan ibu2 pet society. Jadi bisa dikatakan bahwa, pada akhirnya, yang menang adalah jaringan sosial Facebook.

And please, rasa bosan adalah hal yg wajar, sering saya merasa heran bahwa orang2 takut sekali dengan hal yg natural. Bahkan dalam memarketkan sebuah produk saja ada kurvanya kan? Gimana dia mulai naik, mencapai puncak lalu masuk masa menurun dan kemungkinan besar mati, hal itu kan juga disebabkan oleh jenuhnya pasar, kehilangan konsumer, dstnya. Jadi, rasa bosan itu wajar. Apapun juga argumentasinya, setiap orang berhak untuk merasakan momentum kebosanan dalam hidupnya :)

yaya said...

mbak...kalo bosan masih mendera, cari cara bikin mesin cheat buat yg laen, gimana? perang ama mayor yg udah bikin cash shop....biar kita gak diribetin mesti ngluarin duit sungguhan...hehehe

Indah said...

Hmm.. secara pribadi gua pikir booming-nya Facebook ini udah sampai pada tahap yang memprihatinkan.

Betul di satu sisi Facebook bisa mendekatkan mereka yang tinggal terpisah lautan dan benua.

Tapi ironisnyaa..

Facebook jugalah yang menjauhkan orang2 yang secara fisik ada di sekitar kita karena waktu yang biasa kita habiskan dengan mereka itu sekarang terkuras ke depan layar monitor, ahahahaha :p

Ngegame gini sebenernya a fun way about learning, gua banyaaak belajar tentang diri gua dari game2 yang gua mainkan di Facebook.

Sometimes gua dihadapkan dengan sisi diri gua yang emang udah ada benihnya di dalam diri gua tapi ngga pernah segitu suburnya dikembangbiakkan sampai gua dihadapkan dengan diri gua itu melalui game yang gua mainkan, salah satunya ya Pet Society ini :D

Misalnya ya tentang the "greedy" part in me and sisi yang ngga mo kalah ma orang lain pluss.. the "showy" part, ahahaha..

Sampai akhirnya gua mencapai suatu titik di mana gua ngerasa sebel sendiri karena udah ngerasa diperbudak ama pet gua. Diperbudak dengan mengorbankan jam tidur untuk ngumpulin koin and nguber barang2 GMB yang bisa gua jual2 untuk beli2 barang TWS, bahkan benda2 yang sebenernya ngga terlalu gua demen juga, hanya supaya ngga ketinggalan ama pet tetangga!

Segitu diperbudaknya ama Angelicious, my virtual pet yang hanya bisa gua liatin aja. Yang ngga bisa gua ajak ngomong (eerrmm.. sebenernya pernah ada masa di mana di otak gua serasa lagi ngobrol ama pet gua seeh, ahahahaha.. parah :p) and ngga bisa gua pegang and gua sentuh tapii nih pet udah sebegitu menguasai waktu gua, and ini udah ngga sehat.

So sebagai bentuk "protes" terhadap diri gua salah satunya yaa dengan menelanjangin pet gua itu, ahahahaha.. mengembalikannya pada "nature" dari pet itu sendiri yang emang ngga memerlukan baju di dunia nyata.

And somehow by doing soo.. in a way, gua ngerasa "terbebaskan", ahahaha.. belon sepenuhnya sih karena masih sayang ngejual2in barang2 yang udah dibeli tapi lumayan lah :pn

Skunyos said...

baca komentarnya seru! :)
ah setuju ama Indah, game should be fun.. kalo addictnya over ya sulit... makanya gue jarang dekorasi hehehe. skali dua bulan paling (eh tapi bulan ini krn mau natal jd mesti dekor lagi hehehe)

and buat mbak G, setuju, interaksi sama player itulah yang bikin seru hehehe ;) aku jd kenal mbak G, jd kenal mbak Jude (sempet kopdar juga lho hehehe)

Nikmati aja mbak skr rehat dulu.. ;)

eka wijayanti said...

Kalau bosan terus pelariannya jadi bikin blog seru-seru-an begini, saya sih berharap "terus-teruslah bosan sama Bla, Mbak..." :D

ami said...

eka, lebih seru lagi teman di ps ternyata juga memiliki blog dan sekarang ngumpul di sini, berdiskusi juga. TOP G sebagai inisiatornya :)

yulie said...

kalo aku, sama sekali belum bosen, padahal setiap hari slalu main sama fido (my pet), kecuali pas lagi ga ada jaringan inet...tapi aku malah tdk mengalami kebosanan, mal;ah makin cinta... rela begadang demi trade di forum or ngejar gmb terbaru...hahahaha... parahnya....
kapan ya aku bosen?

Linda emaknya Bie said...

ikut nimbrung yah di blog yg sangat menarik ini...mudah2an di masa mendatang saya jg punya sesuatu yg menarik utk di-share (selain PS hahahah)...
eniwei, aku jg udah mulai bosen ma PS tp utk alasan berbeda. Meskipun aku udah tau cara ngumpulin duit (GMB trick, visit lebih dari 70 temen aktif), tetep aja cara2 ini sangat memakan waktu, dan sejak saya bekerja fulltime lagi, saya bener2 udah gak bisa ngelakuin itu kecuali Sabtu dan Minggu. Walhasil, saya jadi tambah capek nguber koin di waktu weekend yang harusnya bisa dipakai untuk bersantai dng keluarga atau memanjakan diri. Saya berencana mau retire setelah Natal, yg berarti saya gak akan lagi nguber barang baru meskipun saya bakal tetap ngunjungin Bie bie, karena pd dsrnya saya gak akan pernah menelantarkan binatang peliharaan, baik beneran maupun boongan hahaha. Tapi saya yakin meskipun banyak yg bosan, tetap saja akan ada petmania2 baru yg meneruskan kegilaan ini :D. mati satu tumbuh seribu, haha!

G said...

Linda, ahh... bener, makan waktu, itu juga yg saya pikir dan rasakan, terutama karena diprotes sama Jason dan Joshua. Banyak hal yang seharusnya bisa saya lakukan dengan mereka tapi malah saya habiskan di depan laptop untuk main PS.. dan saya juga merasa badan jadi kurang fit krn bisa seharian duduk di depan laptop saja.