Pages

Wednesday, January 6, 2010

food combining

Baru beberapa bulan ini saja, saya mulai mengikuti cara makan food combining. Awalnya ikut tertarik dengan fc adalah karena saya mempunyai seorang putri yang obesitas. Adik saya yang baru punya anak bayi umur 1 tahun lebih sudah mulai diberikan pola makan fc sebagai makanan tambahan. Adalah dia yang mengingatkan saya untuk memberikan makan sehat pada putri saya. Akhirnya buku tersebut saya dapatkan, dan mulai membaca. Tidaklah saya bisa mengubah pola makan secara langsung tetapi saya mulai dengan mencampur beras merah dan putih, yang saya makan bersama lauk seperti biasa. Awalnya putri semata wayang saya tentu protes karena rasa yang tidak enak dari beras merah tersebut. Walhasil gagal. 3 bulan saya makan nasi beras merah campur nasi beras putih sendirian. Mulai terasa badan menjadi ringan. Saya bercerita pada putri saya, bahwa sekarang badan saya enakkan, lebih enteng, migren n pusing2 krn sakit kepala model lain spt vertigo pun hilang. Mencoba merayu pada putri saya, tentunya ditambah bumbu seperti kalo cantik jadi seperti model dan lain lain hihi, akhirnya dia mau coba lagi, sampai sekarang. Lalu saya mulai mencoba menu makan pagi saya diganti mengikuti aturan fc, saya mulai makan buah di pagi hari dengan yoghurt supaya tidak terasa masam di mulut. Kadang saya ganti dengan makan cereal dan susu soya tawar plus madu jika bosan dengan buah, sudah 6 bulan lebih saya mengikuti fc tidak ketat, saya sebutkan tidak ketat karena jumat, sabtu dan minggu saya masih suka makan sembarang lalu badan saya jadi lebih enak, teman teman memuji saya lebih langsing. Tujuan utama saya hanya makan sehat. Langsing adalah bonus. Belum terlihat pengurangan berat badan dari putri saya, tapi kenaikan berat badannya sudah bisa tertahankan dengan tambahnya tinggi badan.

Apakah fc? Fc adalah pola makan yang mengikuti siklus alami sistem pencernaan.
Pukul 04.00 - 12.00 : siklus pembuangan sampah makanan dan sampah metabolisme
Pukul 12.00 - 21.00 : siklus pencernaan makanan
Pukul 21.00 - 04.00 : siklus penyerapan sari makanan dan asimilasi

Bagaimana fc seharusnya, berikut adalah contoh menu sehari hari :
Bangun tidur : air putih + air jeruk lemon atau nipis
Makan pagi : buah potong siram yoghurt
Kudapan pagi : jus jeruk markisa
Makan siang : ayam bakar, lalapan dan plecing kangkung
Kudapan sore : muffin pisang dan the kapulaga
Makan malam : nasi beras merah, karedok, tempe goreng, rempeyek kacang
Sesudah makan siang n makan malam : jus wortel tomat
Begitu contohnya, makan sering tapi sehat.
Manfaat menerapkan pola makan fc adalah
* berat badan terkendali pada berat idaman yg ideal utk setiap org.
* kita lebih berenergi dan tdk mudah mengantuk
* gangguan rutin sistem kekebalan tubuh spt flu, migren, kembung, masuk angin, berangsur mhilang
* gangguan lambung, keputihan dan sembelit sembuh bertahap
* emosi lebih terkendali dan bahagia
* kulit menjadi lembut, kenyal, cerah, jerawat di wajah menghilang
* rambut menjadi halus dan mudah diatur

Mulai tahun baru 2010 ini saya mulai tidak makan nasi siang hari. Masih terasa lapar tapi saya mengganti dengan banyak buah spt pisang dan apel. Saya masih berusaha untuk melakukan fc pada putri saya, untuk kesehatannya, mengubah pola pikir kami, yang niat awalnya untuk diet pada putri saya, menjadi pola makan sehat untuknya, langsing adalah bonus karena yang terpenting adalah sehat.

Berdasarkan pengalaman pribadi dan sumber catatan dari buku food combining oleh mas Wied Harry Apriadji, Semoga bermanfaat bagi yang membaca sehingga mau mengubah pola makan kita menjadi sehat.
Buku-buku mas Wied H Apriadji bisa dibeli di toko buku terdekat

9 comments:

G said...

Hahahaa.... thanks!! baru aja saya baca, jadi termotivasi untuk makan yg sehat2 :) Bener mmg, langsing itu bonusnya, yg penting adalah menjadi sehat dan bugar! wah pas banget, mmg thn 2010 ini salah satu resolusi sy adalah bersehat-sehat, soalnya persiapan menuju menopause lebih baik disongsong dengan tubuh yg bugar. Yippi! :)

ami said...

didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat ya siska. selamat yaaa akhirnya nulis juga hehehe. ditunggu tulisan2 selanjutnya :)

siska moya said...

hehehe iya... hidup sehat...
ini gara gara mess thread teman2 smua, hebat bisa mbuatku tertarik buat nulis, ternyata emang banyak yg bisa ditulis n di share ke teman teman yaa, biasanya hanya lewat mulut yg ga jelas ini.

Indah said...

emosi lebih terkendali dan bahagia

Waahh.. bagian yang ini sungguh menggoda, ahahaha, karena kadang emosi gua masih suka naik turun tanpa bisa gua kendalikan, hihihi :D

Makasih atas sharing-nya yaa, Siska ;)

Ditunggu yang berikutnyaa ^o^

Lie said...

nah...qlo untuk ngegemukin badan gimana? hehehehe...

Winda said...

* kita lebih berenergi dan tdk mudah mengantuk

naaah, penting nih....hihihihi...
tengkyu, siskaaa.....
tapi berat gak ngelakuinnya?

eka wijayanti said...

Mbak Siska. Ini mirip pola makan saya yang justru menurut bapak saya tidak sehat :D. Karena saya tidak biasa jajan di luar, padahal saya seharian ya di luar rumah. Jadi makan hanya sereal pagi, malamnya baru nasi dan masak tumis-tumis sayur di rumah. Siang saya hanya minum jus, makan apel dan ngemil biskuit.

Milla Widia N said...

sehaat sehaat..menu sehat nih... dhhuuh aku kalo sarapan pagi tuh suka beli gorengan...hhuhu ga sehat bangettt yaaakkk :p

Skunyos said...

tertampar! :(
pola makananku jauuuuuuuuuh dari sehat
hiks